Alhamdulilah LULUS Pelatihan SAGUSABLOG

Sahabat daku - Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi pendidikan yang beranggotakan guru, dosen, dan pemerhati pendidikan di Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009. Pada Surat Keputusan tersebut, Klub Guru Indonesia berubah nama menjadi Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan dipimpin oleh Ketua Umum Satria Dharma dari IGI Wilayah Jawa Timur serta Ketua Dewan Pembina Indra Djati Sidi dari Wilayah Jawa Barat.

Pelatihan dan lulus Sagusablog IGI
Pada tanggal 30-31 Januari 2016, Ikatan Guru Indonesia melaksanakan Kongres II di Makassar. Pada Kongres ini, Muhammad Ramli Rahim dari Sulawesi Selatan terpilih sebagai Ketua Umum IGI periode 2016-2021.

Kepengurusan tahun 2021-2026 sebagai hasil Kongres III di Jawa Barat terdaftar di kementerian hukum dan HAM IGI dengan surat keputusan nomor: AHU-0000332.AH.01.08 Tahun 2021 dengan Ketua Umum Danang Hidayatullah dari DKI Jakarta.

Visi Ikatan Guru Indonesia:

“Menjadi Organisasi Profesi Guru yang mandiri, profesional, Inklusif, berwawasan global, dan mencerdaskan.”


Visi Kepengurusan IGI Periode 2021-2026:

“Membangun IGI sebagai Organisasi Profesi berkelas dunia yang adaptif, inovatif dan progresif serta dapat bersinergi dengan Organisasi Profesi Guru lainnya”

Saat ini IGI memiliki kanal pelatihan yang cukup aktif meningkatkan kompetensi Guru dengan semangat Sharing and Growing together, diantaranya SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog), melalui pelatihan ini guru dituntut untuk memiliki sebuah blog, melalui blog ini igi mengharapkan guru Indonedia dapat mempublikasikan karya-karya tulisnya melalui blog. Melalui blog, guru juga bisa melaksanakan pembelajaran kepada siswa-siswanya.

Penulis salah satu guru yang mengikuti pelatihan SAGUSABLOG kelas 69-G yang dilaksanakan dari 13 Maret 2022 s/d 19 Maret 2022. Yang menjadi mentor dalam pelatihnya adalah BENY SYAPRI, KASMIR SY. MALE dan ENDAH EKOWATI.  

Yang menjadi tujuan pada pelatihan ini adalah guru dapat membuat blog tingkat dasar, materi dalam pelatihan ini yaitu :
1. Membuat blog guru dengan engine blogger
2. Mendesain template blog guru dengan template bawaan blogger
3. Mendesain header blog guru dengan program Paint
4. Mengelola dan menghias blog guru:

  • Posting artikel, gambar, teks, video
  • Posting Laman
  • Posting artikel dengan pemenggalan paragraf
  • Membuat label/ kategori postingan
  • Menambahkan widget-widget penting seperti: popular post,
  • Daftar link, Statistik Blog
  • Membuat link dalam tulisan
  • Membuat link download dari google drive

 5. Mengelola dan Membuat menu standar blog guru
 6. Membuat soal online di Google Drive

Alhamdulillah, setelah melaksanakan semua kegiatan yang diyetapkan saya dinyatakan  Lulus.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama