Kaifiah Do’a Sama Bihim

 بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum sahabat daku, sekarang sudah masuk bulan sa'ban yang dimana bulan ini adalah bulan kedelapan di tahun Hijriah. setelah bulan sa'ban akan masuk bulan Saidus Shiyam atau Penghulu segala bulan.
Doa Samabihim atau Doa megang

Pada bulan sa'ban ini, banyak dari umat islam melaksanakan kenduri Sa'ban atau kenduri megang. Dikalangan masyarakat Indonesia, kenduri megang dilaksanakan pada waktu yang berbeda-beda, ada yang melaksanakan kenduri megang mulai dari pertengahan bulan sa'ban sampai 1 hari sebelum masuknya bulan ramadhan. Ada juga pelaksananaan kenduri megang dilaksanakan hanya satu hari yaitu 1 hari atau dua hari sebelum masuknya bulan suci ramadhan.

Pada kenduri tersebut dipanjatkan do'a-do'a kepada Allah agar diberikan keselamatan didunia maupun diakhirat. Bukan saja do'anya untuk orang yang masih hidup bahkan kepada orang yang sudah meninggal dunia.

Di kalangan para santri Pondok Pesantren Darul Muta'allimin Tanah Merah dan masyarakat sekitar mengenal do'a yang dipanjatkan tersebut diatas dengan nama "sama bihim" . Bagaimana tatacara pelaksanaannya, silahkan simak tatacara dan do'anya dibawah ini: 

Kaifiah Do’a Sama Bihim

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ، الَّذِيْ لاَإِلَهَ إِلاَّهُوَ، الْحَيَّ الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ. 3 X

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. 3 X

إِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِ الْمُصْطَفَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

وَأَبَائِهِ وَإِخْوَانِهِ مِنَ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ. وَمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ. وَالشُّهَدَاءِ وَ الصَّالِحِيْنَ.

وَإِلَى جَمِيْعِ الْأَرْوَاحِ أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ.

وَإِلَى صَاحِبِ هَذِهِ النِّيَّةِ خُصُوْصًا. شَيْئٌ ِللهِ لَهُمْ. اَلْفَاتِحَة ...

الفاتحة 1 x

الإخلاص  1 x

الفلق 1 x

الناس  1 x

الفاتحة 1 x

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ ثَوَابَ مَا قَرَأْنَاهُ مِنْ كَلَامِكَ الْقَدِيْمِ، هَدِيَةً وَاصِلَةً مِنْكَ، نَازِلَةً عَلَى مَنْ كَانَ اجْتَمَعْنَا بِسَبَبِهِ (هَا-هُمْ) وَاتْلَوْنَا الْقُرْآنَ الْعَظِيْمَ ِمنْ أَجْلِهِ (هَا-هُمْ) .

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ قُرْآنَ لَهُ (هَا-هُمْ) فِيْ قَبْرِهِ (هَا-هُمْ) مُؤْنِسًا وَفِى الْقِيَامَةِ شَافِعًا وَمِنَ النَّارِ سِتْرًا وَحِجَابًا وَعَلىَ الصِّرَاطِ نُوْرًا وَفِى الْجَنَّةِ رَفِيْقًا.

اَلَّهُمَّ بَلِّغْ ثَوَابَ ضِيَافَاتِهِ، هَدِيَةً مِنَ اْلأَحْيَاءِ إِلَى اْلأَمْوَاتِ، وَبِالطَّعَامِ طَعَامًا وَبِالشَّرَابِ شَرَابًا، وَبِالْقُرْآنِ ضِيَاءً وَنُوْرًا وَفُرُوْحًا وَسُرُوْرًا.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِآبَائِنَا وَلِأَجْدَادِنَا وَلِمَشَائِخِنَا وَلِأُسْتَاذِنَاوَلِأُسْتَاذَاتِنَا  وَلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِصَاحِبِ هَذِهِ النِّيَّةِ وَارْزُقْهُ (هَا-هُمْ) مِنَ الْحَلاَلِ وَجَانِبْهُ (هَا-هُمْ) عَنِ الْحَرَامِ وَاتْمِمْ نِيَّتَهُ (هَا-هُمْ) وَتَقَبَّلْ ضِيَافَاتِهِ (هَا-هُمْ) وَارْحَمْ مَوْتَهُ (هَا-هُمْ) وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ (هَا-هُمْ) أَجْمَعِيْنَ. يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Terima kasih daku sampai kapada Ust. Khairuddin dengan akun facebook Ogek Q Ogek yang sudah berbagi dengan daku do'a tersebuat, semoga Allah melipat gandakan pahalanya juga kepada beliau. 

Do'a tersebut diatas silahkan ditambah dengan do'a-do'a lainnya. Selama permintaannya baik, kan gak masalah. Semoga do'a sama bihim ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada pada penulisan do'a ini terdapat kekeliruan, silahkan berikan komentar dibawah postingan ini atau silahkan sampaikan melalui email : yudi.kuba@gmail.com.

Bila ingin memiliki do'a tersebut di atas silahkan download dalam bentuk pdf dibawah ini :

Download

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama