Renovasi Masjid Kuala Baru

RENOVASI MASJID JAMIK BAITUL QUDUS KUALA BARU KECAMATAN KUALA BARU KABUPATEN ACEH SINGKIL PROPINSI ACEH

A. LANDASAN PEMIKIRAN

Masjid merupakan sarana peribadatan utama bagi ummat islam, baik untuk melaksanakan ibadah. Masjid berfungsi sebagai pusat pertemuan ummat islam dalam berbagai aktivitas, baik aktivitas keagamaan (ubudiyah) maupun aktivitas kemasyarakatan (amaliah). Oleh karena itu masjid harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas sesuai dengan kebutuhan dan peruntukkannya, sehingga mampu memfasilitasi berbagai kegiatan jamaah. Disamping itu fasilitas yang dimiliki oleh masjid harus memberikan jaminan kenyamanan kepada para penggunanya, sehingga jamaah dapat dengan penuh kekhusuan dalam beribadah dan beraktivitas.

Masjid sebagai pusat pembinaan dan pengembangan ilmu keagamaan, perlu dilengkapi dengan fasilitas ruangan yang memadai sehingga mampu dijadikan tempat menimba ilmu agama, bedah buku, berdiskusi serta pendalaman terhadap ajaran agama.

Bertambahnya jumlah anak-anak dari waktu kewaktu sangat perlu untuk difasilitasi ruang belajarnya, disesuaikan dengan kelompok rombongan belajar (rombel).

Disamping itu, dipandang amat sangat diperlukan untuk mengayomi anak-anak remaja yang pada saatnya mencapai masa-masa kritis untuk berubah, mudah terombang ambing terbawa arus zaman, dipandang perlu untuk mendapatkan pendekatan khusus, agar tidak mudah terombang-ambing oleh kondisi perubahan zaman yang bersifat modernisasi dan kebebasan.

Bertalian dengan itu semua kita merasa terpanggil untuk memenuhi prasarana-prasarana untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kegiatan keagamaan.


B. LANDASAN YURIDIS

1. Al Qur'an surah Attaubah ayat 18 (9.18)

"Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk."

2. Al Qur'an surat Attaubah ayat 108 (9.108)

"Janganlah engkau melaksanakan sholat dalam masjid itu selama-lamanya. Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan sholat didalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih."

3. Al Hadist riwayat Bukhari Muslim (Muttafaqun Alaih) hadist ke 309 mengatakan: "Usman bin Affan berkata ditengah pembicaraan orang-orang sekitar masalah pembangunan masjid. Rasulullah SAW ia berkata, "Sungguh, kalian telah banyak berbicara, padahal aku mendengar Nabi SAW bersabda: "Siapa yang membangun masjid karena mengharapkan ridho Allah, maka Allah akan akan membangunkan untuknya yang seperti itu di syurga.

4. Al Hadist riwayat Bukhori Muslain (muttafaqun Alaih), hadis ke 580, mengatakan "Abu Hurairoh RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Allah SWTberfirman, Berinfaklah, maka aku akan berinfak kepadamu." Dan Nabi SAW bersabda: "Sesungguhnyaa tangan Allah berisi penuh, pemberian Nya pada siang maupun malam tidak pernah menguranginya." Beliau juga bersabda, "Tidakkah kalian melihat bagaimana Allah telah memberikan nafkah (rezeki) semenjak Dia mencipta langit dan bumi. Sesungguhnya apa yang ada di tangan-Nya tidak pernah berkurang. Arasy-Nya ada diatas air, di tangan-Nya ada mizan (neraca) yang turun dan naik."


C. LANDASAN OPERASIONAL

1. Mempunyai Badan BKM (Badan Kemakmuran Mesjid)

2. Menampilkan Foto yang sedang direnovasi



3. Telah dimilikinya Rencana RAB (Rencana Anggaran Biaya), mengacu pada gambar tersebut diatas.

4. Telah memiliki rekening penyimpanan dan pengamanan dana pada Bank Aceh No.Reg.13002240167685. BKM BAITUL QUDDUS KUALA BARU

D. Rencana Angggaran Biaya

Rencana Anggaran Biaya Renovasi Masjid JAMIK BAITUL QUDUS, Kecamatan Kuala Baru, Kabupaten Aceh Singkil, tergambar sebagai berikut:

Uraiaan Pekerjaan

Jumlah Biaya 3 Unit Pintu kaca Rp.90.000.000.-

D. Dana tersebut yang dapat ditanggulangi oleh Kas Mesjid sebanyak Rp.60.000.000.-(Enam Puluh Juta Rupiah) atau (dua Unit). Sedang kan Satu Unitnya lagi masih Kasbon( berutang) Sebanyak Rp.30,000,000,-(Tiga Puluh Juta Rupiah).

E. Dari kekurangan dana tersebut kami BKM Mesji Baitul Qudus Kuala Baru Memohon bantuan berupa Infak dari bapak-bapak/ibuk ibuk para donatur demi untuk kelancaran pembangunan Masjid yang kita cintai ini. Atas partisipasi dari para dermawan kami ucapkan terima kasih dan semoga Allah memberi limpahan pahala serta rahmatnya Amin Ya rabbal 'alamin.

Kuala Baru, 28 Februari 2024 Pengurus BKM Mesjid Baitul Quddus Kuala Baru Kec, Kuala Baru Aceh Singkil


Ketua

Dto

EDISUHARDI,S.Pd


Sekretaris

Dto

AGUSSALIM,S.Pd


Confirmasi Transfer 
https://wa.me/8153005136

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama